28 April 2018

Minyak Cat Kayu (tinner/terpentin) Sebagai Bahan Bakar Alternatif


Penggunaan minyak tanah dan gas tabung untuk bahan bakar menyalakan kompor tentu tidaklah aneh dan sudah umum digunakan. Bagaimana jika menyalakan kompor dengan minyak cat kayu (tinner/terpentin) yang biasanya digunakan untuk mengencerkan cat kayu, bisakah?

Beberapa hari yang lalu, saya sudah melakukan uji coba dengan membuat kompor mini pake sumbu benang dengan bahan kompor tersebut diantaranya:
1. Kaleng aluminium bekas minuman kaleng (Larutan Cap Kaki Tiga, Cincau, Sprite, Coca-cola, dll).
2. Benang kasur untuk sumbunya.
3. Minyak cat kayu ( tinner/terpentin) untuk bahan bakarnya.
Setelah pembuatan kompor selesai, kemudian saya memasukkan minyak cat kayu untuk bahan bakarnya. Kompor tersebut selanjutnya saya nyalakan dengan gasolin, dan berhasil menyala.

Selain saya membuat kompor mini, saya juga membuat lampu pijar ( seperti lilin ) yang bahannya saya menggunakan : botol kaca bekas obat²an, atau botol bekas minuman yang ukurannya ada yang kecil dan sedang. Selain botol, saya juga memakai benang kasur dan potongan kaleng aluminium untuk sumbunya. Dan lampu pijar ini pun memakai bahan bakar minyak cat kayu ( terpentin/tinner ), hasilnya pun menyala bahkan bisa awet/hemat bahan bakar.

Bagi yang bingung pada saat gas tabung langka, pemakaian minyak cat kayu barangkali bisa menjadi solusi alternatif untuk bahan bakar: kompor sumbu, lampu pijar, atau untuk membakar sampah rumah supaya cepat menyala/terbakar.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

Deni Anwarulloh Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha