29 April 2018

Kreatifitas; Penyeimbang kemajuan jaman


Melesatnya kemajuan di bidang dunia digital dan elektronik memang sulit dibendung. Kebutuhan akan fasilitas yang serba praktis pun seakan sudah menjadi kebutuhan yang tidak boleh tidak harus bisa dimiliki supaya dalam keseharian tidak ketinggalan dalam pola hidup serba maju. Misal saja, aktivitas memasak jaman sekarang sangat membutuhkan alat memasak yang modern, yakni kompor gas atau kompor listrik. Kemudian contoh lainnya adalah perlunya seseorang memiliki handphone untuk dapat berkomunikasi dalam jarak dekat atau jauh, mencuci pakaian dengan mesin cuci, dan banyak lagi hal lainnya yang semuanya tampak jelas di depan mata. Sebagai seorang yang mengerti akan kemajuan tersebut, tentunya akan memunculkan kesadaran bahwa saya tak ingin larut dalam ketertinggalan.

Bagi sebagian orang diantaranya juga ada yang mensikapi kemajuan ini dengan pola hidup konsumtif (hanya bisa membeli fasilitas yang tersedia tanpa ada keinginan untuk membuat sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain). Serta ada yang coba kreatif yaitu menciptakan sesuatu yang bila sudah dibuat, sesuatu tersebut bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Kreatifitas adalah merupakan kebutuhan dimana seseorang memiliki tekad menyeimbangkan diri dengan pola hidup yang serba praktis dan dinamis. Wajah dunia elektronik dan teknologi tak lagi sebagai kesulitan tapi ia menjadi sebuah tantangan yang harusnya dilakukan terobosan-terobosan agar fasilitas yang kini ada mampu menjadi sebuah peluang dalam berkarya.

Di tangan seorang yang kreatif, sebuah barang elektronik bekas pakai mampu dijadikan sebuah barang baru yang bisa dipakai lagi dan menjadi barang yang memiliki kegunaan. Di tangan yang kreatif pula, kain-kain yang dulunya dibuang sia-sia, mampu dijadikan sesuatu yang enak dan nyaman dipakai oleh pemakainya dan mampu menjadi sesuatu yang ngetrend di jaman kekinian.

Disebalik semua itu, kreatifitas merupakan sebuah sinyal dimana seseorang mampu memunculkan identitas dit sebagai seorang yang siap berkarya meskipun kemajuan jaman tengah melindasnya.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

Deni Anwarulloh Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha