05 Mei 2018

Sambut Ramadhan 1439 H


"Wahai Orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkannya (berpuasa) atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertakwa" (Qs. Al-Baqarah:183)

Pada tahun 2018 M, menurut perhitungan Dewan Hisab dan Rukyat PP Persatuan Islam, awal Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018 M. Ya, itu artinya sebentar lagi kita akan kedatangan satu bulan yang dimuliakan, yakni Bulan Ramadhan 1439 H.

Sudah sama-sama dipahami, bulan Ramadhan adalah bulan di mana kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Shaum selama satu bulan penuh. Selain dari shaum, sudah seharusnyalah di bulan Ramadhan ini juga diisi dengan berbagai amalan ibadah atau amalan lainnya seperti: Membaca Al-Qur'an, mempelajari dan mendalami ajaran Islam, serta ibadah lainnya yang mempunyai nilai pahala di sisi Allah Swt. Inti dari diwajibkannya shaum adalah agar menjadi orang bertakwa, itu artinya bulan Ramadhan merupakan satu bulan dimana Allah Swt akan menguji kualitas iman dan islam kita selama satu bulan penuh.

Secara bahasa, shaum artinya al-imsak (menahan diri). Bila ditinjau lebih jauh, shaum adalah suatu ibadah di mana padanya seorang mukmin harus berusaha menahan diri dari keinginan dan aktifitas makan dan minum di siang hari, menahan diri dari segala penglihatan yang bisa menghilangkan pahala shaum, serta berusaha meningkatkan kualitas iman dan takwa kepada Allah Swt.

Dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi bulan Ramadhan di tahun ini, sudah semestinya kita mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk di antaranya adalah kesiapan niat agar Ramadhan tahun ini bisa benar-benar sukses sampai akhir. Tidak hanya berhasil menahan diri dari rasa haus dan lapar, tetapi juga dalam segala amalan yang dikerjakan pada bulan Ramadhan ini mampu membersihkan hati dan diri kita dari segala dosa-dosa.


Q

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

Deni Anwarulloh Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha